Berbeda Pendapat Dengan Pengurus, Ketua Badan Pengawas Koperasi Diberhentikan

KARENA BERBEDA PENDAPAT DENGAN PENGURUS
KETUA BADAN PENGAWAS KOPERASI
DIBERHENTIKAN


H. Manus Handri



Oleh : Helju Sepli Tuhari

Simpang Empat, 1 Mei 2019. Silvernews.com-- Melalui Rapat Anggota Tahunan (RAT) tanggal 28 Januari 2018, Kepengurusan KSU Baringin siduampan periode 2018-2023 terbentuk dengan susunan: Ketua: Hasurungan, Wakil Ketua: H. Manus Handri, SH, Sekretaris: Sanggar, S.Pd, Bendahara: Hamzah, Ketua Badan Pengawas: Hlju Sepli Tuhari, SP, Anggota Badan Pengawas: Wizar Nasution, Anggota Badan Pengawas: Eddi Warlis, SE, M.Si, Anggota Badan Pengawas: Maradong Lubis.

Koperasi Serba Usaha (KSU) Baringin Siduampan yang beralamat di Jorong Siduampan, Nagari Batahan, Kec. Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat ini  bergerak dibidang pengelolaan kebun plasma kelapa sawit milik anak cucu kemenakan Siduampan dengan badan hukum nomor: 144/BH/KDK.32/XII/1999, baru-baru ini melakukan Rapat Anggota Tahunan yang pertama kali pada kepengurusan periode 2018/2023 Minggu 28 April 2019.

Sidang yang dipimpin langsung oleh wakil ketua KSU Siduampan mendapat insterupsi dari Badan Pengawas dimana menurut tata tertib sidang, pimpinan sidang hendknya berasal dari anggota bukan dari pengurus dan badan pengawas serta didampingi oleh sekretaris dan anggota sebagai notulis yang ditunjuk oleh anggota, namun pimpinan sidang tidak mengindahkan pendapat badan pengawas tersebut dan tetap menjadi pimpinan sidang serta melanjutkan sidang.

Suasana gaduh mulai terjadi saat Ketua Badan Pengawas membacakan laporan pertanggungjawaban Badan Pengawas karena pimpinan sidang menghentikannya karena dianggap tidak sesuai mekanisme sebab menurut pimpinan sidang semestinya Badan Pengawas melaporkan hasil pemeriksaan laporan pertanggungjawaban Pengurus bukan membuat laporan tersendiri.  Adu pendapat sempat terjadi antara Badan Pengawas dengan pimpinan sidang, namun anggota meminta agar Badan Pengawas tetap melanjutkan membacakan laporan pertanggungjawabannya.

Dalam laporan Badan Pengawas terdapat 11 temuan dan 10 rekomendasi, diantaranya adanya temuan berupa bantuan untuk Manus Handri sebesar Rp. 76.000.000,- (tujuh puluh enam juta rupiah) dan merekomendasikan agar dilakukan audit independen oleh akuntan publik terhadap laporan keuangan KSU Baringin Siduampan.

Saat sesi tanya jawab terjadi kegaduhan dan perang mulut antara Pengurus dan Badan Pengawas.  Pimpinan sidang terlihat sangat emosional dan langsung mengusulkan untuk dilakukan pemilihan ulang Badan Pengawas dan sidang di skor untuk istirahat makan siang.

Setelah istarahat pada sidang sesi kedua peserta sidang kelihatan sepi, kebanyakan anggota tidak datang lagi karena melihat suasana sidang sudah tidak etis lagi.
Meskipun hanya puluhan orang yang hadir dari 388 anggota KSU Siduampan, pimpinn sidang tetap melanjutkan sidang untuk mengambil keputusan memberhentikan Ketua Badan Pengawas.

Ketua Badan Pengawas sempat protes karena pengambilan keputusan tidak sesuai dengan mekanisme dan peserta sidang tidak memenuhi kuorum namun pimpinan sidang tetap ngotot melanjutkan sidang. Saat badan pengawas meminta pendapat kepada Dinas Koperasi dan UKM Pasaman Barat yang dihadiri Binafrin Hadi pimpinan sidang yang merupakan mantan Sekda Kabupaten Pasaman Barat ini menjawab bahwa dia lebih pintar dari dinas koperasi tersebut dan mengetuk meja sebagai telah sahnya Ketua Badan Pengawas KSU Siduampan diberhentikan.

Ketua Badan Pengawa KSU Siduampan Helju Sepli Tuhari, SP ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut dan menganggap keputusan RAT tersebut tidak sah dan tidak sesuai dengan mekamisme serta undang-undang perkoperasian.  Koperasi bukan milik pribadi tetapi merupakan lembaga yang berbadan hukum yang diatur oleh undang-undang, tentunya kita harus mengacu kepada undang-undang dan peraturan yang berlaku, kata Helju.

Selanjutnya Badan Pengawas akan menyurati pihak-pihak terkait dan mengambil langkah-langkah hukum untuk hal tersebut. Hingga saat ini saya adalah Ketua Badan Pengawas yang sah katanya.   

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berbeda Pendapat Dengan Pengurus, Ketua Badan Pengawas Koperasi Diberhentikan"

Posting Komentar