Untuk Peningkatan Pelayanan Pajak Di Pasbar, Pemprov TERAPKAN SISTEM SAMSAT TERPUSAT

Optimalisasi Pelayanan Pemungutan Pajak Daerah,
Sistem SAMSAT TERPUSAT Diterapkan di Pasaman Barat

Mulai 27 Maret sd. 1 April 2019 kegiatan ujicoba pengimplementasian sistem Samsat Terpusat dilakukan di Pasaman Barat. Tim IT dari UPT Sistem Informasi Badan Keuangan Daerah Propinsi Sumatera Barat melakukan fasilitasi, sosialisasi dan pendampingan terhadap aparatur pelayanan publik di SAMSAT Pasaman Barat (UPTD PPD di Simpang Ampek). Pembenahan layanan ini diharapkan untuk memudahkan wajib pajak serta masyarakat untuk mengakses pelayanan pembayaran pajak kendaraan.
Seiring dengan hal ini, telah dibuka pula pelayanan SAMSAT NAGARI yang diujicoba di Kantor Walinagari Air Bangis Pasaman Barat yang beroperasi mulai hari ini, Kamis 28 Maret 2019.
Peningkatan pelayanan pada sistem informasi juga diterapkan pada SAMSAT KELILING yang diujicoba hari ini juga Kamis 28 Maret 2019 di Silaping Pasaman Barat.
Ahmad Suhendri, Kepala UPT SI Badan Keuangan Daerah Sumbar menyampaikan, melalui layanan yang diperbaharui ini, di SAMSAT NAGARI dan SAMSAT KELILING masyarakat dapat mengakses pembayaran pajak kendaraan seri plat nomor seluruh Sumatera Barat, pembayaran pajak kendaraan plat hitam, plat kuning dan plat merah, data kendaraan terpusat, pengembangan fitur layanan, konsistensi laporan yang semuanya akan bermuara kepada  pencapaian target pendapatan daerah Sumatera Barat lebih baik.
Senada dengan itu Wendri, Ka. UPTD PPD di Simpang Ampek, menyambut baik implementasi ini di Pasaman Barat dengan menyediakan sarana dan prasarana serta akses lainnya. Hal ini dilakukan agar pelayanan di SAMSAT Pasaman Barat bisa berjalan dengan lebih sempurna dan memudahkan masyarakat Pasaman Barat dalam membayar pajak kendaraannya.
"Kita lakukan secara learn by doing. Langsung kita terapkan pada layanan hari ini  di kantor SAMSAT PASBAR di Simpang Ampek, di SAMSAT NAGARI di Air Bangis dan SAMSAT KELILING yang jadwalnya hari ini ada di Silaping Ranah Batahan," jelasnya.

"Yang paling penting," ujar Wendri, "dengan sistem baru ini, Bank Nagari sebagai Kas Daerah langsung terlibat dalam pemungutan pajak pada titik-titik SAMKEL di Pasaman Barat sebagai kasir pembayaran pajak. Artinya, petugas SAMSAT dari Badan Keuangan Daerah Propinsi Sumatera Barat tidak lagi bersentuhan dengan uang pembayaran pajak.
Secara bersama, pada Kamis (28/3) Kamis (28/3), Pembukaan Layanan SAMSAT NAGARI di Air Bangis Pasaman Barat dilakukan oleh  Wendri Ka. UPTD PPD di Simpang Ampek (Pemprov Sumatera Barat), Ipda Irawandy (mewakili Dirlantas Polda Sumbar) yang didampingi Kanit Regident Polres Pasbar Ipda Wi Hadi, Akbar (Koord. Perwakilan Jasa Raharja Cab. Bukittinggi), Zirwan (Kacab Nagari Ujunggading) dan Drs. Efit Syahrial (Walinagari Air Bangis).
Kegiatan ini didukung dan disupervisi oleh tim IT Badan Keuangan Daerah Propinsi Sumatera Barat yang dipimpin Pak Suhendri Ka. UPT SI B. KEUDA.
Mulai hari ini, masyarakat Air Bangis dan sekitarnya sudah dapat memanfaatkan layanan publik ini.
Informasi selengkapnya silakan kunjungi SAMSAT NAGARI di kantor Walinagari Air Bangis.

(rilis)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Untuk Peningkatan Pelayanan Pajak Di Pasbar, Pemprov TERAPKAN SISTEM SAMSAT TERPUSAT"

Posting Komentar