DENNI MEILIZON BENTUK KOMUNITAS LITERASI KOTO BALINGKA

Bentuk Komunitas Literasi di Pengambiran Kec. Koto Balingka Pasaman Barat.

Pengambiran, sebuah pemukiman masyarakat yang tersuruk di pinggang pebukitan yang mengurung Ranah Batahan tetapi berada dalam batas luar kecamatan Koto Balingka, Pasaman Barat. Sebagian besar masyarakatnya hidup bertani dan berladang. Mereka membentuk bumi yang tidak rata dengan cangkul dan meneruka hutan lalu ditanami palawija, padi dan jagung. Tentu saja ada pula rimbunan Kelapa Sawit, tanaman primadona di Pasaman Barat. Akses jalan ke perkampungan ini bisa melalui dua jalan, dari Parit Koto Balingka atau dari Ranah Batahan.  Jika melewati kedua akses tersebut akan kalian dapati perbedaan yang mengharukan hati. Dari arah Parit Koto Balingka jalan sudah teraspal cukup baik sedangkan dari Ranah Batahan masih jalan berbatu dan kerikil. Diperlukan ketabahan yang berbeda pula terkait dua akses jalan menuju Pengambiran. Dari Parit, pengendara harus tabah menempuh perjalanan yang rasanya amat jauh. Bahkan terasa bagai menempuh jalan tak berujung. Jalannya relatif lurus dengan kiri dan kanan dikurung pepohonan kelapa sawit. Cukup teduh dan nyaman jika kita tidak dikejar waktu. Jika dari Ranah Batahan, tabahkan hati menembuh jalan berbatu dan berkerikil yang acapkali menanjak mendaki. Tak ada pohon pelindung. Maka sebaiknya sebelum berkendara siapkan krim anti sinar matahari, memakai penutup kepala dan memakai baju lengan panjang. Sengatan matahari terasa langsung menyentuh kulit. Mungkin, di sini jika hujan turun juga akan bervolume cukup lebat. Pohon lebat tak ada. Langit terbuka belaka.
Namun, Pengambiran Pasaman Barat adalah target pengenalan literasi bagi kami. Apapun kondisi yang kami hadapi tak ada kata menyerah untuk menjumpai adik-adik yang belajar di MTSs Al-Ihsan Pengambiran. Apalagi kami memiliki banyak sahabat karib yang menjadi alumni sekolah ini.
Di sekolah yang memiliki siswa lebih 100 orang dengan tenaga pengajar 18 orang itu, kami berikan Pengenalan Literasi sekolah, pengajaran menulis tingkat dasar, motivasi dan berbagi cerita seputar dunia pendidikan dan remaja serta kami sepakat seketika untuk membentuk sebuah komunitas literasi bagi anak-anak dan remaja di Pengambiran sekitarnya.
Komunitas baru itu kami beri nama KOMUNITAS LITERASI AL IHSAN PENGAMBIRAN. Adik-adik siswa yang hadir menyambut dengan sembringah dan bahagia.
Sekolah ini memiliki ruang perpustakaan. Tetapi tak ada buku populer di sini selain buku penunjang pelajaran melulu. Ada titik air di mata kami. Ada perih dalam hati kami. Kami tanpa pikir panjang menjanjikan bantu buku 50 eksemplar. Entah darimana kami nanti bakal mendapatkan bantuan buku-buku yang terjanjikan itu. 28 eksemplar bakal dibagikan kepada siswa sedangkan sisanya akan mengisi koleksi perpustakaan sekolah. Adakah sahabat, bapak dan ibu berkenan membantu kami?
Terimakasih sahabat kecil kami Aditia Ditra Ditia yang menerima dan membuka jalan bagi pengembangan literasi di Pengambiran Koto Balingka Pasaman Barat. Barakallahu, kawan.
Terus bergerak!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DENNI MEILIZON BENTUK KOMUNITAS LITERASI KOTO BALINGKA"

Posting Komentar